Pasar microbus tidaklah besar, tapi Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mendominasi segmen ini. Untuk memperkuat dominasinya, PT IAMI meluncurkan varian microbus baru pada Selasa (8/8) lalu di Pondok Ungu, Bekasi.
Untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen, IAMI menyiapkan empat varian microbus yaitu :
- NLR 55 B,
- NLR 55 Bx,
- NLR 55 B Lx dan
- NLR 71 B L.
Mari kita tengok lebih detail setiap tipe berdasarkan spesifikasi teknis yang diterbitkan PT IAMI.
. NLR 55 B
merupakan varian entry level dengan keunggulan harga yang terjangkau. Tipe ini menggunakan ;
mesin 4JB1-TC
berkapasitas 2,7 liter
yang memproduksi daya maksimal 100ps/3400 rpm dan
torsi maksimum 22,5 kgm/2000 – 3200 rpm.
Mesin ini diklaim paling efisien dikelasnya. Tenaga yang diproduksi mesin diteruskan ke transmisi 5-speed manual tipe MSB5S dengan final gear ratio 4.875. Radius putarnya 5.1 m.
Tipe ini satu-satunya yang tidak dilengkapi dengan sistem pengereman gas buang, daya tanjak maksimum paling kecil yaitu 22 persen dan kecepatan maksimum paling rendah hanya 102 km/jam.
Tipe ini sangat efisien bahan bakar, juga unggul dalam hal kelincahan,” kata Beny Dwyanto, manager product marketing commercial vehicle PT IAMI.
. NLR 55 Bx
memiliki semua fitur pada NLR 55 B, dengan sejumlah penambahan seperti tipe transmisi yang dipakai.
Tipenya adalah MSB5M.
Transmisi ini memiliki gear ratio yang berbeda dengan NLR 55 B sehingga karakter pengemudiannya lebih agresif.
Final gear ratio 5.857 yang berkontribusi terhadap kemampuan melibas tanjakan.
Kemampuan tanjak maksimum lebih baik dari NLR 55 Bx, yaitu 29 persen. Radius putarnya 5,7 m.
. NLR 55 B Lx,
pada prinsipnya sama seperti NLR 55 Bx, hanya saja memiliki kelebihan wheelbase lebih panjang yaitu 3360mm (vs 2490mm pada NLR 55 Bx) dan overhang belakang juga lebih panjang yaitu 1700mm (vs 1270mm).
Dengan demikian total panjang NLR 55 B Lx adalah 6170mm (vs 4870mm). Radius putar 7,4 m.
. NLR 71 B L
memiliki panjang body sama seperti NLR 55 B Lx tapi menggunakan mesin lebih bertenaga.
Tipe ini menggunakan mesin tipe 4HG1-T,
mesin empat silinder berkapasitas 4,6 liter
dengan produksi tenaga 125 ps/2900 rpm dan
torsi 35kg.m/1200 – 2200 rpm.
Mesin yang sudah teruji di truk ringan enam roda
NLR 71 ini dipasangkan dengan transmisi tipe MYY5T.
Transmisi manual 5-speed
memiliki final gear ratio 4.300.
Radius putar 7,1 m.
Perbedaan mesin dan transmisi menghasilkan peforma dinamis yang berbeda pula.
Kecepatan puncak mencapai 125km/jam.
Sedangkan daya tanjak maksimum mencapai 38 persen, juga paling besar dibandingkan varian lainnya.
Kapasitas mesin yang lebih besar diimbangi tanki bahan bakar lebih besar, 100 liter vs 75 liter pada tipe lainnya.
Seluruh varian memiliki ground clearance yang sama.
Demikian pula sistem pengeremannya, NLR 55B yang tidak dilengkapi dengan exhaust brake. Seluruh tipe juga memiliki kapasitas gardan depan dan belakang 2550 kg. ban depan menggunakan ukuran 225/75 R16 dan belakang 225/75/R16.
Sistem suspensi depan dan belakang juga sama disemua tipe.
Semua tipe juga dilengkapi dengan fitur standar power steering, tilt & telescopic steering, kamera mundur, audio system, seat belt dan fan blower.
ISUZU MEDIUM BUS ELF NQR 71 33 seat
Isuzu Microbus Ready dirancang dan dibuat dari berbagai karoseri yang sudah MOU, antara lain;
- Karoseri New Lie Ling
- Karoseri Sanggar Karya
- Karoseri KTP
- Karoseri New Armada
- Karoseri Adiputro